Selasa, 05 Februari 2019

Riview buku Bung Karno Difitnah New Edition Kesaksian Terbaru Dari Wakil Komandan Resimen Cakrabirawa


              Rekomendasi Buku Bung Karno Difitnah terbaru

Oleh : Eky Try Pamungkas Judul : Bung Karno Difitnah “New Edition Kesaksian Terbaru dari Wakil Komandan Resimen Cakrabirawa” Penulis : Henky,Teguh W. Mangil, dan Bambang Eryudhawan Penerbit : Laksana Tahun terbit : 2017 Halaman : 312 halaman Jenis buku : Sosial / Politik ISBN : 978-602-407-195-0 “Fitnah adalah satu bentuk manifestasi daripada imperalisme untuk melemahkan tenaga kita, untuk melemahkan barisan kita”
 Bung Karno
Rekomendasi-Ketika buku Sukarno File Karya Antonie C.A. Dake terbit pada bulan Oktober 2005, reaksi masyarakat langsung bermunculan. Mereka menyimpulkan, buku kontroversial karya penulis berkebangsaan Belanda itu tidak hanya mengolah data sejarah yang dimanipulasi, tetapi juga memiliki misi untuk menghujat seseorang tokoh bangsa Indonesia, Bung Karno. Menanggapi karya Antonie C.A.Dake. Buku pertama berjudul Bung Karno Difitnah terbit pada tahun 2006 yang laris manis dipasaran dan banyaknya permintaan. Maka penerbit mengeluarkan buku cetakan ke dua yang bernama Bung Karno Difitnah New Edition Kesaksian Terbaru dari Wakil Komandan Resimen Cakrabirawa. Karya Henky, Teguh W. Mangil, dan Bambang Eryudhawan.

Dalam tulisan tersebut menceritakan kesaksian orang-orang terdekat Bung Karno selama kejadian G30S/PKI sampai lengsenernya Presiden RI pertama. Dalam buku tersebut penulis lebih membedah isi buku Sukarno File Karya Antoni C.A. Dake menyatakan bahwasanya Soekarno adalah dalang dari pembunuhan enam Jenderal yang terjadi pada 30 September 1965. Di buku Bung Karno Difitnah New Edition Kesaksian Terbaru dari Wakil Komandan Resimen Cakrabirawa dalam salah satu sub judul terdapat Opini Masyarakat Menyoal “Sukarno File”. Dalam tulisan Burhan Aziz dan A Supardi Adiwidjaya tersebut mengutip adanya bukti-bukti yang tidak sah dari tulisan Dake “Karena itu,ia (Sukarno-penulis) secara langsung harus memikul tanggung jawab atas pembunuhan enam jenderal dan secara tidak langsung juga untuk pembantaian antara komunis dan bukan komunis yang berlangsung kemudian” (Sukarno File…, hlm. 4) Dari pendapat penulis Buku Bung Karno Difitnah New Edition Kesaksian Terbaru dari Wakil Komandan Resimen Cakrabirawa kutipan tulisan Dake diatas merupakan fitnah keji yang tidak berdasar sama sekali. Dikarenakan Bung Karno selalu menghindari tindakan yang bisa memecah belah bangsa, dan hanya menggunakan tindakan-tindakan yang sesuai hukum yang berlaku dalam menghadapi lawan-lawan politiknya.

Selain itu dalam buku ini juga menuliskan pendapat dari keluarga Ir Soekarno yang diberi sub judul Sukarno Dituding “Otak” G30S, Sukmawati Berang – Suradi (Sinar Harapan) pada perilisan buku berjudul Sukarno File: Berkas-Berkas Soekarno 1965-1967 di Gedung Kodel, Jakarta, diwarnai perdebatan hangat antara penulis, Antonie C.A. Dake dengan anak sang Proklamator, Sukmawati. Pasalnya, sang penulis Sukarno File dengan sangat yakin menuding otak semua pristiwa yang dikenal sebagai Gerakan 30 September (G-30S)/1965 adalah Soekarno. Dalam buku ini diceritakan bahwa “Sukmawati yang duduk dibarisan depan langsung mengintrupsi dan menyatakan bahwa ayahnya bukanlah otak pelaku G30S. Sebab, ketika itu, Sukarno masih resmi sebagai presiden dan menjadi korban konspirasi pihak-pihak yang menginginkan Sukarno jatuh dari kursi presiden” (red) Mengenai kesaksian dari wakil komandan resimen cakrabirawa pada saat itu Kolonel (Purn) CPM Maulwi Saelan di dalam buku ini menerangkan bahwa “pada tanggal 4 Agustus 1965 di serambi belakang Istana Merdeka pagi itu beberapa mentri termasuk dokter pribadi Bung Karno, Dr. Suharto, sedang duduk berbincang-bincang dengan Bung Karno. Tiba-tiba, Bung Karno merasa pusing, keseimbangan tubuhnya goyah, dan tampak kesadaranya kabur. Pertolongan pertama segera diberikan. Di kamar tidur, Bung Karno muntah-muntah. Sebagai Ketua Team Dokter Presiden, Dr Suharto mengumpulkan para anggota team, yaitu Mayor Jenderal Prof. Dr. Satrio (Menteri Kesehatan), Prof. Dr. G. A. Siwabessy (Menteri Negara), Brigjen Dr. Roebiono Kertopati (radiolog), Prof. Dr. Mahar Mardjono (neurolog), Dr. Sukaman (ahli penyakit jantung), Prof. Dr. Ouw Eng Liang, dan para dokter yang bertugas di Istana Jakarta dan Bogor, yaitu Dr. Lauw Ing Tjiong, Mayor Dr. Darjono (Resimen Tjakrabirawa), dan Dr. Tan Sing Pin serta dibantu pula Team Dokter RRT.” Sedangkan tulisan didalam buku Dake menuliskan “Di hal. 31 alenia 2, … Pada tanggal 4 Agustus, Presiden memanggil komandan resimen Cakrabirawa, Brigadir Jenderal Sabur, dan komandan battalion Letnan Kolonel Untung, ke Istana. Hari tanggal 4 Agustus ini masih pagi dan apa yang terjadi di Istana Merdeka itu dilaporkan pada tahun 1970 oleh Bambang Widjanaroko, yang memberikan keterangan sebagai berikut kepada Teperpu tentang masalah sebagai berikut, setelah ia dikonfrontasi dengan pernyataan dengan saksi-saksi lain” : “Pernyataan para saksi adalah benar, Bekas Letan Kolonel Untung tiba dikamar Bung Karno di Istana pada tanggal 4 Agustus 1965.Sepanjang ingatan saya, Untung tidak sendirian.


Ia didampingi oleh Jenderal Sabur. Bung Karnobertanya pada Untung apakah ia bersedia menerima perintah yang akan mencakuptindakan terhadap para Jenderal yang tidak loyal. Untung menyatakan kesediaanya. Saya tidak ingat lagi siapa lagi yang tahu mengenai percakapan ini selain Jenderal Sabur.” Pernyataan Kolonel Bambang Widjanarko. Lantas diantara tulisan dari Dake tersebut dapat dinyatakan bahwa hasil kesaksian Kolonel (Purn) CPM Maulwi Saelan,bahwa tulisan dari penulis berkebangsaan Belanda tersebut tidak adanya pertemuan Bung Karno dengan Brigjen Sabur dan Letkol Untung. Pernyataan Kolonel Bambang Widjanarko adalah rekayasa serta bohong. Ingin mengetahui isi lengkap percakapan dan kesaksian dari wakil komandan Tjakrabirawa? Buku ini akan membawa pembaca untuk lebih mengetahui kesaksian-kesaksian mengenai percakapan antara pelaku G30S dan juga pasukan Resimen Tjakrabirawa pada tahun 1965.Dengan buku ini akan terjawab pertanyaan mengenai percakapan dan kesaksian Kolonel (Purn) CPM Maulwi Saelan,dan kesaksian keluarga Bung Karno. Mengenai fitnah yang dituliskan di buku tulisan Dake.

10 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    BalasHapus
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  8. Mayroon ka bang paghihirap sa pananalapi o nais mong matupad ang pangarap mo na may mga pondo?
    Kailangan mo bang pautang upang mabayaran ang iyong mga bayarin, Simulan o palawakin ang iyong negosyo?
    Nahihirapan ka ba na makakuha ng pautang mula sa mga hard Lenders o Bangko dahil sa kanilang mataas na bayarin / kinakailangan sa pautang?
    Kailangan mo ba ng pautang para sa anumang lehitimong dahilan?
    Pagkatapos mag-alala kami ay dumating upang mag-alok ng mga pautang sa mga interesadong mga aplikante sa lokal at sa ibang bansa kahit anuman ang kasarian o lokasyon ngunit ang edad ay dapat na 18 taon pataas.
    Ang pagbabalik sa amin para sa isang negosasyon sa halaga na kailangan mo ay magiging matalinong pagpapasya.
    ANG IYONG PINAPANGGAPAN NG PINILI
    Ang pautang na ito ay nilikha upang matulungan ang aming mga kliyente sa pananalapi, na may layunin na mabawasan ang pasanin sa pananalapi. Sa anumang kadahilanan, ang mga customer ay maaaring makahanap ng isang angkop na plano ng pautang mula sa aming kumpanya na nakakatugon sa mga kinakailangan sa pananalapi.

    Data ng aplikante:
    1) Buong Pangalan:
    2) Bansa
    3) Address:
    4) Kasarian:
    5) Trabaho:
    6) Numero ng telepono:
    7) Ang kasalukuyang posisyon sa lugar ng trabaho:
    8 Buwanang kita:
    9) Kinakailangan ang halagang pautang:
    10) Panahon ng pautang:
    11) Nag-apply ka ba dati:
    12) Petsa ng Kapanganakan:
    Makipag-ugnay sa Gloria S loan kumpanya sa pamamagitan ng email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} o
    Numero ng WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Pinakamahusay na Regardson

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya dipindahkan ke akun saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya dipindahkan ke akun saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    BalasHapus