Jumat, 15 Februari 2019

Spoiler Buku Petani Klaten Bergerak



Kesaksian Petani Klaten

Judul                 : Petani Klaten Bergerak
Penulis               : Octandi Bayu Perdana
Penerbit             : Kendi
Tahun Terbit     : 2016
Cetakan             : Pertama
Halaman            : 160
ISBN                  : 978-602-732-444-2

Rekomendasi-Berbicara mengenai PKI di Indonesia, mungkin bisa dibilang sebagai sejarah kelam selama bangsa ini berdiri. Tragedi yang sering disebut sebagai G30S /PKI tersebut digadang-gadang didalangi oleh seseorang bernama D.N. Aidit dan seseorang  salah satu anggota Tjakrabirawa yang saat itu menyusup diantara pasukan pengawal Presiden untuk menghasut membunuh enam Jenderal Angkatan Darat.

Didalam isi buku yang akan saya bahas kali ini yang, berjudul Petani Klaten Bergerak tulisan dari Octandi Bayu Perdana menceritakan bahwa petani-petani di wilayah Klaten sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Melihat letak geografis wilayah Klaten yang juga berbatasan dengan Gunung Merapi membuat tanah di wilayah tersebut menjadi subur.

Dengan suburnya tanah dikawasan Klaten maka sudah dipastikan bahwa wilayah Kabupaten Klaten dengan luas 62.660 hektar tersebut. Maka sebagian  wilayah area tersebut merupakan area persawahan yang luasnya mencapai 35.826 hektar, atau sekitar 57,17% dari luas keseluruhan wilayah Kabupaten Klaten.

Sudah dipastikan bahwa beberapa masyarakat Kabupaten Klaten bermata pencaharian bercock tanam atau lebih dikenal sebagai petani. Dalam pertanian sendiri masyarakat membagi kedalam beberapa golongan  diantaranya, kuli kenceng (seseorang yang hanya memiliki sawah, tegal, dan pekarangan), golongan petani setengah kenceng (seseorang yang memiliki tegal dan pekarangan), dan petani mager sari (yaitu petani yang hanya memiliki rumah, dan rumah itu didirikan diatas pekarangan orang lain).

Akan tetapi pemerintah Kabupaten Klaten mengganti sebutan golongan petani dan menjadikan tiga golongan. Antara lain dengan sebutan petani pemilik tanah, petani penggarap, dan buruh tani. Petani pemilik tanah diperuntukan utuk mereka yang dulunya disebut sebagai kuli kenceng dan kuli gundul. Petani penggarap untuk menyebut petani tak bertanah yang bermata pencaharian sebagai penyewa atau penggarap. Sedangkan buruh tani adalah sebutan bagi petani tak bertanah yang bermata pencaharian sebagai buruh tani.

Dengan seiringnya waktu pada masa Politik 1950-1965 tepatnya pada September 1955, Indonesia melaksanakan pemilu pertama kalinya dimasa Kabinet Burhanuddin Harahap. Hasil pemilu 1955 memunculkan empat partai terkemuka yang meraih kursi terbanyak di DPR dan Konstituante, yaitu: Partai Nasional Indonesia (PNI), Majelis Suro Muslimin Indonesia (Masyumi), Nahdlatul Ulama (NU), dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dengan adanya pemerintahan di Indonesia terbentuklah organisasi petani di Indonesia. Dengan demikian petani petani yang ada di wilayah Klaten mulai diperlakukan pendataan oleh kelurahan ataupun kecamatan setempat, Pada masa lahirnya organisasi yang dikenal dengan Barisan Tani Indonesia (BTI) dimanfaatkan oleh beberapa partai besar termasuk PKI untuk mengurusi organisasi petani dan juga partai tersebut.

Dengan berjalannya waktu BTI membentuk beberapa program yang bertujuan untuk memperjuangkan kaum tani diantaranya adalah moderenisasi pertanian, menetapkan harga sewa tanah, melaksanakan landrefrom, dan melatih kader kader tani untuk propraganda komunisme. Semua program memiliki tujuan umum yaitu perbaikan social-ekonomi petani dengan membebaskan beban ganda imperalisme dan feodalisme.

Anggota BTI sendiri di klaim oleh Aidit yang juga sebagai pendiri PKI mengatakan bahwa BTI beranggotakan sebanyak yang sebelumnya 400.000 meningkat menjadi 7 juta orang. Aidit sendiri mengatakan sikap melawan golongan-golongan kaum tani untuk memperjuangkan haknya mendapatkan hasil yang layak.

Pada masa tersebut petani petani yang ada di wilayak Kabupaten Klaten didata oleh petugas dan dianggap sebgai anggota BTI, hingga akhirnya kejadian G30S/PKI yang mengakibatkan beberapa anggota PKI atau pun BTI di tangkap dan dipenjarakan, meskipun beberapa anggota BTI tidak tahu menau soal G30S/PKI. Bahkan anggota BTI yang ditangkap dalam sehari hanya diberi makan beberapa butir jagung saja.

Ingin mengetahui isi kesasian anggota BTI di wilayah Klaten, temen temen dapat membaca buku karya Octandi Bayu Pradana yang berjudul “Petani Klaten Bergerak” dibuku tersebut pembaca akan mengetahui perkembangan BTI di wialyah Klaten.



2 komentar:

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus